SISTEM PEMBELAJARAN

Belajar Berdasarkan Masalah (BDM)

     Belajar Berdasarkan Masalah (BDM) diselenggarakan baik pada tahap orientasi, latihan maupun umpan balik. Kegiatan Belajar Berdasarkan Masalah dalam modul menggunakan metoda 2 kali diskusi kelompok dan 1 kali pleno untuk setiap pemicu yaitu 1. Diskusi 1 untuk menganalisis pemicu dengan menggali pengetahuan yang telah dimiliki 2. Diskusi 2 untuk mengumpulkan dan berbagai pengetahuan yang diperoleh selama periode waktu belajar Mandiri setelah diskusi-1 3. Pleno untuk mempresentasikan hasil diskusi kelompok untuk diberi masukan atau umpan balik oleh narasumber yang terkait pembahasan pemicu Diskusi dilaksanakan dalam kelompok yang masing-masing terdiri atas dari 8-12 mahasiswa, dan didampingi oleh seorang seorang fasilitator. Setiap minggunya terdapat 1 pemicu, sedangkan kegiatan BDM berlangsung dalam 5 minggu. Setelah diskusi ke-2 akan diselenggarakan kegiatan pleno yang menghadirkan narasumber yang diakhiri dengan umpan balik. Pleno dilakukan untuk mencapai tahap orientasi maupun umpan balik. Pemicu 1 Diskusi 1: DK-1 P1 Diskusi 2: DK-2 P1 Minggu 2 Pemicu 2 Diskusi 1: DK-1 P2 Diskusi 2: DK-2 P2 Minggu 3 Pemicu 3 Diskusi 1: DK-1 P3 Diskusi 2: DK-2 P3 Minggu 4 Pemicu 4 Diskusi 1 : DK-1 P4 Diskusi 2 : DK-2 P4 Minggu 5 Kegiatan Belajar Berdasarkan Masalah ini akan berlangsung 8 kali pertemuan dengan total 20 jam, sedangkan pleno berlangsung 4 kali dengan total jam 12 jam dalam setiap modul. Langkah-langkah dalam diskusi kelompok BDM :

1. Identifikasi masalah yang terdapat pada pemicu. Istilah yang tidak jelas diklarifikasi.

2. Analisis masalah, yaitu dengan menguraikan kemungkinan faktor penyebabnya.

3. Penyusunan pertanyaan yang berkaitan dengan tiap faktor penyebab yang memerlukan penjelasan, yang dilanjutkan dengan membuat hipotesis yang sesuai.

4. Menetapkan ilmu pengetahuan yang diperlukan untuk menjawab tiap pertanyaan.

5. Menjawab pertanyaan yang sudah dapat dijawab langsung berdasarkan pengetahuan yang sudah dimiliki.

6. Untuk pertanyaan yang belum diketahui jawabannya, dilakukan identifikasi sumber pembelajaran yang sesuai.

7. Belajar mandiri. Hasil belajar mandiri/tugas baca dicatat dalam buku catatan.

8. Menyusun pengetahuan baru berdasarkan berbagai hal yang telah dipelajari (pengetahuan lama dan baru).

9. Langkah BDM dapat diulang seluruhnya atau sebagian sebagaimana dibutuhkan.

10. Mengidentifikasi hal-hal yang belum dipelajari.

11. Merangkum hal-hal yang telah dipelajari.

12. Bila mungkin, menguji pemahaman pengetahuan yang didapat dengan menerapkannya pada masalah lain.

Lihat Semua

DEKAN
picture

Dr. dr. Triawanti M.Kes

Dekan




LINK TERKAIT


Statistik Pengunjung
Pengunjung hari ini : 65
Total pengunjung : 13714

Hits hari ini : 209
Total Hits : 62307

Pengunjung Online : 1


Lokasi